Jenis Ukuran & Spesifikasi Kerangka Atap

Jenis, Ukuran & Spesifikasi Kerangka Atap

Rangka atap yaitu daerah di mana genteng rumah kita diletakkan. Otomatis rangka atap ini menjadi salah satu komponen bangunan yang seharusnya anda amati. Pemilihan bahan yang pas karenanya akan memberikan kenyamanan untuk hunian anda. Di bawah ini yakni sebagian variasi bahan rangka atap yang dapat anda dipakai.

Jenis Rangka Atap

Rangka Atap Bambu

Rangka atap ini masih dapat kita jumpai di desa-desa. Melimpahnya bahan dan keterbatasan tarif pembangunan rumah menjadi latar belakang pemakaian bambu sebagai rangka atap di pedesaan. Rangka atap tipe ini memang ialah rangka atap yang paling ekonomis, kalau diamati dari segi kwalitas dan ketahanan juga mempunyai peringkat paling bawah. Gampang lapuk, tak bendung rayap, dan api.

Akan tapi apabila anda berkeinginan memakai bambu sebagai rangka atap rumah untuk menimbulkan kesan alami pada hunian anda, dikala ini telah banyak bambu yang diawetkan. Bambu yang telah diawetkan ini lebih bendung kepada serangan hama, rayap, dan tak gampang lapuk.

Rangka Atap Kayu

Rangka atap kayu juga acap kali dipadukan dengan rangka bambu, umum ditemui pada bangunan lama. Untuk tempat perkotaan mungkin telah jarang yang memakai rangka atap kayu sebab kayu susah diperoleh di perkotaan dan ini berakibat pada harga yang mahal. Kecuali mahal rangka atap kayu juga tak bendung pada api, serangan rayap, dan jamur. Rangka atap ragam ini memerlukan pemeliharaan ekstra. Kelebihan menerapkan rangka atap kayu ini merupakan bebas mempertimbangkan wujud atap, sebab kayu gampang disusun.

Rangka Atap Beton Bertulang

Jikalau anda berkeinginan memakai rangka atap ragam ini, karenanya anda mesti merencanakan pondasi rumah anda dengan matang, sebab rangka ini betul-betul berat. Kecuali itu juga tak efisien, memerlukan progres pembuatan yang cukup lama, kompleks dan banyak jenjangnya. Wajib memasang cetakan lebih-lebih dulu, memasang baja tulangan, baru diisi dengan adukan beton. Belum lagi semestinya menunggu beton benar-benar kering. Cuma saja dengan rangka macam ini anda lebih bebas menetapkan format atap.

Rangka Atap Baja Ringan

Rangka atap tipe ini yaitu rangka atap yang paling banyak dipakai ketika ini. Banyak kelebihan yang diberi rangka atap variasi ini. Pertama, sifat rangka atap ringan melainkan kuat untuk seluruh variasi variasi genteng. Yang ke dua, bendung kepada cuaca, api, karat, dan terang bebas rayap. Yang ke tiga, gampang dan kencang pelaksanaan pemasangannya. Kelemahan rangka atap baja ringan ringan ini berlokasi pada susunannya yang tak rapi, jadi tak menarik diperhatikan jikalau anda mengizinkannya terbuka.

Rangka Atap Baja

Rangka atap baja lazimnya diterapkan pada bangunan yang besar seperti gudang, pabrik, atau bangunan sejenis. Kelebihan rangka baja ini kapabel membikin rentangan panjang yang tak dapat dilaksanakan oleh rangka atap macam lain, dan juga sungguh-sungguh kuat membendung muatan atap yang berlebihan. Kecuali itu baja ini bendung kepada api, perubahan cuaca, rayap, dan perawatan gampang. Kelemahannya ialah, harga mahal dan dapat berkarat.

http://www.jendela-rumah.com/2017/03/5-jenis-rangka-atap-bangunan.html

Advertisements

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: