Kegunaan & Video Kusen Aluminium

Kegunaan & Video Kusen Aluminium

Aluminium merupakan faktor paling berlimpah ketiga (sesudah oksigen dan silikon) dan logam paling berlimpah nomor satu di bumi ini. Sekitar 8% dari permukaan solid bumi kita ini ialah aluminium. Logam non berat ini diketahui di segala dunia sebagai bahan bangunan yang bendung ancaman karat.

Bagian struktural yang terbuat dari alumunium mengendalikan peranan yang amat penting di banyak industri di dunia, seperti industri penerbangan, transportasi, ataupun industri bangunan. Alumunium diaplikasikan dalam banyak sektor. Dia bisa ditempa menjadi lembaran, ditarik menjadi kawat, dan diekstrusi menjadi batangan dengan pelbagai-ragam penampang.

Kegunaan Kusen Aluminium

Untuk meletakkan daun pintu atau daun jendela pada dinding, perlu dipasang rangka yang disebut kusen. Kusen pintu rumah tinggal lazimnya terbuat dari kayu atau logam. Kusen kayu memberikan penampilan yang hangat dan cantik dengan tampilan tekstur serat-serat kayu yang dimilikinya. Kusen kayu juga bisa berperan sebagai sekat panas yang bagus, dan pada biasanya bendung kepada akibat cuaca. Rangka tipe ini bisa berupa produk pabrik yang sudah dituntaskan dengan pelapisan cat dan pewarnaan, atau masih berupa kayu absah tanpa lapisan.

Kusen yang terbuat dari bahan logam mempunyai sifat yang berbeda dengan kusen kayu. Kusen logam tak akan melapuk seandainya tak jarang terkena air atau kena serangan rayap. Melainkan kekurangannya, kusen logam ini kurang menawan secara tampilan. Kusen logam bisa terbuat dari aluminium, baja, atau baja anti-karat. Untuk memperindah tampilannya, warna natural logam bisa ditutup dengan lapisan cat khusus yang bisa mencegah korosi.

Video Kusen Aluminium

Kusen terdiri atas komponen-komponen tertentu, antara lain:

  • Tiang (style).
  • Ambang (dorpel). Pada kusen jendela terdapat ambang atas dan ambang bawah, walaupun pada pintu tak ada ambang bawah.
  • Sponneng, ialah daerah menempelkan daun pintu atau daun jendela.
  • Kuping, adalah komponen ambang (dorpel) yang masuk atau ditanam di dalam tembok. Komponen ini berfungsi untuk membendung gerakan kusen ke depan atau belakang.
  • Alur kapur, adalah komponen dari tiang (style) yang dikasih celah yang berfungsi untuk membendung gerakan kusen ke depan atau belakang. Kecuali itu komponen ini juga berfungsi agar bila terjadi penyusutan, kusen tak jadi bercelah.
  • Angkur, adalah komponen yang dipasang pada tiang (style). Komponen ini berfungsi untuk memperkuat melekatnya kusen pada tembok, serta untuk membendung gerakan daun pintu atau jendela.
  • Duk (neut), ialah komponen yang dipasang pada tiang (style) di komponen bawah. Khusus untuk duk kusen pintu, fungsinya yakni untuk membendung gerakan tiang ke semua arah, dan untuk melindung tiang kayu kepada resapan air dari lantai ke atas.

https://spesialiskusenaluminium.wordpress.com/tag/fungsi-kusen-aluminium/

Advertisements

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: